Awet Muda dengan Senam Aerobik

SMART – Siapa yang tidak ingin awet muda? Setiap orang pasti menginginkan tetap kelihatan muda meski umur boleh tua. Dengan berbagai macam cara pasti akan mereka lakukan agar kelihatan muda, bahkan untuk awet muda. Salah satu cara yang praktis, mudah dilakukan, biaya terjangkau adalah dengan senam aerobik. Selain membuat kita awet muda, manfaat dari aerobik bagi tubuh kita sangat banyak, yakni menjaga stamina tubuh kita, kebugaran tubuh , mengencangkan otot-otot tubuh/membentuk tubuh menjadi kelihatan indah, melancarkan peredaran darah serta mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh. Sealain itu dengan aerobic juga memilki manfaat lain seperti dapat menyegarkan pikiran, selalu berpikir positif dan murah senyum, dan bahkan sebagai proses sosialisasi (menambah relasi).
Saat ini aerobik sudah menjadi hobi bagi kaum wanita di semua usia. Hal itu terbukti dari munculnya sanggar-sanggar senam aerobic di berbagai kota, termasuk di kota Sragen. Senam Aerobik itu sendiri menghabiskan waktu kurang lebih satu jam yang terdiri dari 3 tahap , yakni pertama pemanasan, inti, dan pendinginan.
Ketiga tahap itu telah menjadi peraturan tetap dalam aerobic. Dimulai pemanasan, kemudian 30 menit pertama masuk tahap inti pertama, dan istirahat selama 5 menit kemudian dilanjutkan tahap inti kedua yang meliputi Body Language guna pembentukan tubuh dan Kegel yang berguna melatih oto-otot kegel (otot perut, otot rahim, otot pinggul bawah, dan pantat) dan diakhiri dengan pendinginan. Sedangkan gerakan-gerakan aerobik dimulai dari atas (kepala, leher, bahu pinggang, pinggul, paha lutut, telapak kaki) dan sebaliknya jika mau melanjutkan dari bawah, diurutkan dari bawah ke atas.
Seperti yang diungkapkan oleh Tina Nugroho (44), seorang ibu rumah tangga yang juga instruktur senam aerobik di Sragen ini telah menekuni aerobik sejak tahun 1991. Pertama tertarik aerobik adalah untuk menjaga kesehatannya karena sering sakit-sakitan. Setelah mencoba, wanita paroh baya yang awet muda ini mengaku jatuh cinta pada aerobik. Selain penyakitnya berangsur-angsur sembuh, ibu dari dua anak ini juga merasakan bahwa tubuhnya terasa kencang, wajahnya bersinar, dan juga tidak cepat loyo karena peredaran darahnya lancar.
”Asal dilakukan rutin, aerobik mempunyai manfaat yang nyata bagi tubuh kita, anggapan bahwa aerobik membuat tubuh kita menjadi melar setelah aerobik dihentikan itu kurang tepat”, katanya. Yang menjadi penyebab tubuh kita menjadi melar adalah pola makan kita yang tidak tepat , dan jika aerobik dihentikan itu membuat peredaran darah kita menjadi kurang lancar. Peredaran darah yang tidak lancar dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kita, sehingga pencernaan dalam tubuh kita terganggu, tambah instruktur yang tergabung dalam FOMI (Federasi Olah Raga Masyarakat Indonesia) Sragen ini.
Senam aerobic nampaknya sudah membudaya di Sragen, setiap sore sampai malam tampak ibu-ibu dan remaja putri memakai pakaian aerobik memenuhi sanggar-sanggar senam di Sragen sepert Galaxi, Latina, Satura, Rumah Makan Endang. Mereka tampak antusias melakukan gerakan-gerakan aerobik kreasi instrukturnya yang diselaraskan dengan musik yang rancak. Masyarakat yang tidak tergabung disanggar senam dapat mengikuti senam aerobik di alun-alun sasono langen putro setiap hari minggu pagi.
Selain melatih aerobic diberbagai sanggar, para instruktur aerobik itu juga melayani para ibu-ibu yang ingin berlatih aerobik secara privat. Seperti yang dilakukan Santi (30)seorang ibu yang telah lama mengikuti aerobik secara privat karena ketagihan dengan olah raga ini. Pada mulanya ia mengikuti aerobik karena menderita gangguan ginjal. Setelah dua bulan, ibu ini merasakan kesehatannya berangsur-sangsur menjadi baik sehingga ia tidak ragu-ragu lagi untuk mengorbankan waktunya di pagi hari (jam 10.00-11.00 WIB) mengikuti aerobik di rumah instruktur.
Bagi remaja putri yang bermasalah dengan bentuk tubuhnya, aerobik bisa membentuk tubuh menjadi kencang dan indah. Jadi tunggu apa lagi, datang aja ke sanggar-sanggar aerobic terdekat untuk mengatasi masalah kesehatan anda dan jadikan aerobik sebagai hobi yang sangat bermanfaat bagi kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

12 comments:

jauharotul maknunah said...

Salam kenal ya sist...
Artikelnya bagus BGT.. Kalow bole tau ni,.. kalo senam aerobik menggunakan suplement khusus itu apakah akan berpengaruh banyak pada masalah kesehatan kita? dan jenis baju senam wanita yang salah juga mempengaruhi?
Thanks & sukses selalu ya sist?

jaelani rahmat said...

sanggar yg bgus dan syg jualan baju senam body image dmna yah sis ?? mkasih

indra sukmawati said...

Nggak nyangka juga ya sis, kalau senam itu banyak banget manfaat'nya, spertinya saya harus coba nih, apakah baju senam wanita yg saya pakai nantinya juga mempengaruhi hasilnya nanti? thx ya sis..

Bima B said...

Salam Kenal Gan
KLo Boleh tau Senam Aerobic Itu berasal dari mana ?...
sama Klo Boleh ditambah Vidio juga sis Biar lebih menarik...
dan klo mrek baju senam wanita apa yg bagus buat senam aerobic
Mohon Infonya dan salam sukses....

Milla Rahmah said...

salam kenal dan salam hangat untuk agan-agan semua. . . agan-agan sedang mencari tempat jualan baju senam wanita buka aja www.bajusenamgrosir.com. barangnya bagus-bagus lho?

mala handis said...

Semua ma pastinya penget awet muda kak, apalagi ditambah awet muda + langsing.. iiich pengen banget..hehehehe , oh iya kak, butuh berapa lama sich ikut senam aerobik, agar badan kita bisa turun, ya minimal 5 kg, sudah bersyukur banget.. hehehhe,#kak MILA RAHMAH apa di baju senam grosir menyediakan baju aerobik wanita , lagi cari nich kak ...thank

Lala Aero said...

Salam kenal...
kak mila rahma klo untuk baju senam wanita terbagi disitu apaka juga ada klo ada mau dong....
Terima kasih...

mala handis said...

Matur nuhun atuch, artikelnya bantu banget. sekalian dach minta info yang jual baju senam crystal harga bersahabat dan kualitasnya mantap. thank kak

Sarjana Tekom said...

thank atas infonya tentang senam, sekalian dach minta info tentang baju senam bandung , yang jualnya bersahabat banget sama dompet :D .

bayu putra said...

"thx sista infonya yaaa....
kalo boleh tau nih tempat jual baju senam wanita via online dimana yaaa....???"

nisa zukruf said...

Terima kasih kak, alhamdulillah artikelnya bantu banget, dan sekarang tugas ane serasa ringan banget, oh iy kak bisa info tentang baju senam aerobik yang disurabaya

mala handis said...

Selamat Siang, mohon maaf ni bu lancang :) , sekedar menginfokan, kami adalah supplier Baju Senam Branded, mulai dari crsytal, de almada, body image, sport + dan lain-lain :) . dan kami juga menjual accecoris senam, mulai dari matras, wolmer, handband, dll dech :) , dan hargapun terjangkau, diskon up to 40% , jikalau beliau menginginkan untuk pesan di tokopedia bisa ini link toko kami https://www.tokopedia.com/bajusenamgrosir , apabila menginginkan untuk order langsung kami bisa add pin BB kami 51C7C5D2 atau hubungi ke nomor kami 081.252.666.249 (TSEL) dan 085.891.885.553 (INDOSAT) . Terima kasih

Post a Comment