Peralatan Aerobik: Dapatkan yang Terbaik dari Olahraga Anda



Aerobik tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Aerobik juga merupakan olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. 

Adapun latihan aerobik yang baik yakni seperti kickboxing, berjalan, jogging atau gerakan serupa lainnya. 

Menggunakan peralatan aerobik juga akan membuat olahraga Anda lebih menyenangkan dan sekaligus membakar kalori lebih cepat.



Ada berbagai jenis peralatan yang dapat digunakan untuk latihan aerobik yang berbeda.


Bangku Pijakan (Step Bench)


Ini adalah alat yang paling umum. Tinggi bangku tergantung pada gerakan kaki yang akan digunakan. Sudah pasti, ketinggiannya akan ditentukan pada pengalaman dan keahlian orang yang menggunakannya. 

Biasanya, seorang pemula akan mulai dengan langkah 4 inci. Sebagai orang yang lebih berpengalaman, ketinggian akan ditingkatkan untuk membangun ketahanan dan fleksibilitas. Satu hal yang baik mengenai alat ini adalah bahwa alat ini cukup ringan untuk dibawa ke mana saja.


Ketika membeli step bench, bangku dengan permukaan anti slip adalah pilihan yang baik karena akan lebih aman. Hanya perlu diingat bahwa semakin tinggi step bench berarti semakin intens gerakannya.


Stationary Bicycle


Tidak seperti sepeda pada umumnya, sepeda ini hanya terletak di satu tempat. 

Untuk mengukur laju sepeda, dipasangkan sebuah ergometer. Bahkan ada stationary bicycle yang memiliki komputer yang berisi data latihan dan sesi. 

Sepeda ini memiliki fitur yang berbeda yang mempengaruhi harganya. 

Ada berbagai jenis stationary bicycle, membeli satu tidak berarti Anda harus memilih model yang paling canggih dan model yang mahal. Kebutuhan pengguna adalah yang pertama.


Treadmill


Treadmill bisa jadi mahal. Ada manual dan treadmill bermotor yang dapat dibeli dari berbagai pusat kebugaran. 

Ada berbagai fitur dalam treadmill seperti monitor denyut nadi, pemegang botol, dan rak buku. Bahkan ada model yang lebih canggih yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan video dan audio player untuk menghilangkan kebosanan saat melakukan olahraga. 

Saat membeli treadmill, faktor yang paling penting adalah ukurannya. Periksa apakah alat itu pas dengan olahraga Anda maupun dengan ukuran ruangan.



Hand Weights


Angkat beban adalah komponen lain dari latihan aerobik. 

Ketika Anda serius ingin mencoba membangun otot, mulailah dengan bobot 3 lbs. dan 5 lbs. Bila menggunakan hand weights, pengguna dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan aerobik untuk cengkeraman yang lebih baik. 

Dalam aerobik air hand weights juga memiliki berat yang disesuaikan yang dapat digunakan dalam olahraga air.

Kapanpun Anda melakukan aerobik, penting untuk menggunakan peralatan yang tepat, pakaian dan sepatu yang benar. Pastikan bahwa pakaian yang anda gunakan memungkinkan tubuh untuk bergerak dengan mudah, sepatu harus cukup nyaman dan menjaga  keseimbangan penggunanya.

Selain memperhatikan pakaian olahrga yang tepat, tanyakanlah pada dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan tentang berbagai jenis rekomendasi jenis peralatan fitness apa dan program apa yang cocok untuk kebutuhan Anda. 

Jika membeli peralatan fitness diluar dari pilihan di atas, maka Anda harus selalu bisa mendaftarkan diri untuk keanggotaan di pusat kebugaran, selama mereka menawarkan peralatan yang Anda sukai untuk menggunakannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment