LATIHAN AEROBIK TERBARU


Berdasarkan fungsi fisiologisnya, manusia mungkin dapat hidup dengan rentang waktu 150 tahun. Namun rata-rata rentang hidup manusia akhir-akhir ini kurang dari setengahnya. Alasannya adalah kematian yang diakibatkan oleh penyakit dan terdapat kekurangan oksigen di lingkungan sekitar. Oksigen adalah unsur yang paling mendasar bagi tubuh dan telah diketahui oleh setiap orang. Namun masih banyak orang yang belum mengerti peran oksigen bagi kesehatan.
Latihan apapun yang dilakukan, Anda tetap memerlukan olah raga aerobik metabolisme (aerobic metabolism). Olah raga tersebut seperti lari jogging, berenang, bermain bola dan lain-lain yang sangat membutuhkan banyak oksigen. Misalnya organ-organ di dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan sirkulasi darah yang membutuhkan oksigen lebih untuk meningkatkan metabolisme dan menambah aktivitas sel-sel.Semua olah raga ini dikenal sebagai jenis olah raga pernapasan fisik (oxygen consuming physical exercise). Dengan kata lain, terdapat tekanan terhadap tubuh pada saat berolah raga atau disebut dengan disiplin fisik (physical discipline).
Orang Tionghoa memiliki beberapa pandangan yang unik mengenai kekuatan ketahanan tubuh dan perawatan kesehatan. Beberapa ratus tahun yang silam, terdapat suatu metode untuk memperkuat ketahan tubuh yang disebut duduk berdiam/bersemedi (sitting quietly). Metode gaya perawatan metode bertujuan menyesuaikan irama pernapasan tubuh dan fungsinya dengan mengesampingkan semua tugas sehari-hari dan memusatkan perhatian pada satu titik serta membiarkan sistem peredaran darah melakukan penyesuaian dan bersantai/relaksasi. Pada saat bersamaan, vegetative nerves (penyesuaian saraf simpatik dan saraf parasimpatik) saling mengkoordinasikan dan menghasilkan suatu gerakan yang menyatu. Dengan demikian tubuh dapat mempertahankan kesehatan yang baik dan panjang umur.
Semenjak metode-metode olah raga seperti senam olah raga Yu Jia, Tai Ji Quan, Ba Duan Jin dan sejenisnya yang semuanya berasal dari bersemedi sebagai titik dasarnya, ditambah dengan beberapa gerakan yang mencontoh gerakan hewan, berperan pada kekuatan tubuh, mencegah timbulnya penyakit dan membuat panjang umur. Oleh sebab itu beberapa pakar ilmuwan mempelajari bagaimana mencontoh fungsi dan struktur atas hewan dan berharap mendapat petunjuk dari hewan-hewan untuk dipelajari serta berguna untuk meningkatkan kesehatan dan panjang umur. Contoh yang paling nyata yaitu bagaimana manusia menciptakan pesawat terbang dengan mempelajari burung-burung yang terbang.
Usia hidup manusia kini sudah lebih panjang dibandingkan masa sebelumnya. Hal tersebut tidak berarti bahwa kondisi tubuh manusia lebih perkasa dibandingkan sebelumnya, melainkan orang-orang sudah lebih tahu banyak mengenai tubuh sendiri, telah banyak diagnosa awal terhadap penyakit dan metode pengobatan.
Selama tingkat kematian yang diakibatkan penyakit menurun maka rentang usia hidup dapat diperpanjang. Sebagai tambahan, kematian alami yang disebabkan ulah manusia antara lain perang dan kelaparan sudah sangat pesat berkurang. Ini tentu juga menjadi salah satu aspek untuk memperpanjang umur hidup manusia. Tetapi karena standar kehidupan orang jaman sekarang telah meningkat, pola makan juga menunjukkan kemajuan yang pesat seperti mengkonsumsi makanan daging yang berprotein tinggi, berlemak tinggi, berkolesterol tinggi yang pada akhirnya menambah beban tubuh. Makanan yang ditambah dengan bahan pengawet, perasa dan pewarna juga merupakan makanan yang mengancam kesehatan.
Selanjutnya, lingkungan aktifitas manusia telah memasuki ketinggian ruang bangunan pencakar langit dan hubungan komunikasi dengan kehidupan alam semakin berkurang sehingga oksigen yang dihirup baik secara kuantitas maupun kualitas telah berkurang. Manusia sekarang ini lebih banyak beraktifitas di ruangan ber AC. Akibatnya fungsi paru-paru dan kulit semakin menurun.
Berdasarkan semua peristiwa dan perbandingan antara teori para ilmuwan di masa lalu hingga masa sekarang, ditemukan suatu kesimpulan bahwa kita harus menghilangkan unsur perusak dan meningkatkan kandungan oksigen dalam tubuh.
Mungkin Anda bertanya, "Melalui jalan apa saya bisa mendapatkan oksigen lebih banyak?"
Tentunya tidak melalui latihan olah raga yang bersemangat, yang pada kenyataan menunjukkan olah raga tersebut membutuhkan oksigen lebih banyak.
Dari sudut pandang meniru gerakan hewan (mimic) dijumpai bahwa ikan-ikan di dalam kolam selalu melakukan gerakan mengoyang-goyangkan tubuhnya tetapi tidak pernah merasa lelah, juga tidak membutuhkan banyak oksigen. Gerakan demikian dinamakan gerakan aerobik.
Melalui masa latihan percobaan yang panjang khususnya terhadap pasien penyakit jantung, hati, ginjal, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, kencing manis, penyakit hyperthyroidism atau kegemukan dan osteoporosis atau radang sendi.Semua pasien di atas didak sesuai untuk melakukan latihan gerakan pernapasan (oxigen consuming exercise) tersebut. Bagaimanapun, latihan aerobik bermanfaat dan tidak membahayakan mereka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment